Zamzami, Mohammad Subhan and Fauzi, Achmad (2023) JARINGAN HADIS ULAMA MADURA: Studi Genealogi, Difusi, dan Khazanah Intelektual Hadis. Duta Media Publishing, Pamekasan. ISBN 978-623-8294-10-7
Text
Buku ISBN Jaringan Hadis Ulama Madura B5.pdf Download (831kB) |
Abstract
Dibanding bidang ilmu keislaman yang lain di Nusantara, hadis merupakan bidang ilmu yang kurang diminati, sehingga kajian hadis dan penelitian tentang hadis di Nusantara, termasuk di Madura, kalah jauh dari bidang ilmu keislaman yang lain. Padahal hadis merupakan induk ilmu keislaman yang seharusnya menjadi objek kajian utama. Berdasarkan teori sanad, buku ini mendiskusikan secara deskriptif-analitis tiga persoalan yaitu: pertama, jaringan ulama hadis di Madura; kedua, pembentukan, penyebaran, dan tokoh dalam jaringan ulama hadis di Madura; dan ketiga, kontribusi jaringan ulama hadis di Madura terhadap perkembangan kajian hadis di Nusantara. Buku ini menunjukkan bahwa secara umum, jaringan ulama hadis di Madura tidak bisa dilepaskan dari jaringan ulama hadis di Nusantara yang bermuara dari jaringan ulama Timur Tengah terutama Makkah sejak akhir abad 19 hingga 21 M., yang terbentuk dan tersebar melalui hubungan guru-murid dan pertemanan. Mereka berkontribusi terhadap perkembangan kajian hadis di Nusantara melalui pengajian kitab hadis, pembagian catatan dan ijazah sanad hadis, dan penulisan dan penerbitan karya di bidang hadis.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 07:42 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 07:48 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1024 |
Actions (login required)
View Item |