Strategi Komunikasi Interpersonal Sebagai Upaya Penerapan Nilai Pendidikan Akhlak Bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Klampar III Proppo Pamekasan

Sutrisno, Andri and Muin, M.Pd., MM., Dr. Abdul and Fajriyah, Fajriyah and Tauhid, Muhammad (2023) Strategi Komunikasi Interpersonal Sebagai Upaya Penerapan Nilai Pendidikan Akhlak Bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Klampar III Proppo Pamekasan. Seulanga, 2 (1). pp. 69-81. ISSN E-ISSN : 2961-8789

[img] Text
Strategi Komunikasi Interpersonal Sebagai Upaya PenerapanNilai Pendidikan AkhlakBagi Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Klampar III Proppo Pamekasan_Non Sinta.pdf

Download (275kB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan akhlak yang diidentikkan dengan pendidikan karakter bertujuan mengembangkan nilai-nilai positif yang membentuk karakter bangsa. Penelitian ini mendeskripsikan muatan materi pendidikan nilai akhlak dan penerapan strategi komunikasi intrapersonal dalam pendidikan nilai akhlak di SDN Klampar III Proppo, Pamekasan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, telah dilaksanakan di SDN Klampar III pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari kegiatan reduksi data, selanjutnya dilanjutkan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1)muatan pendidikan nilai akhlak yang utama diajarkan di SDN Klampar III tercantum dalam Kompetensi Dasar yang terkandung dari Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kegiatan pendidikan nilai tersebut dilakukan melalui kegiatan pembelajaran secara intrakurikuler, didukung pembelajaran ekstrakurikuler dan nonkurikuler, (2) strategi komunikasi intrapersonal dalam pendidikan nilai akhlak dilakukan oleh guru melalui tahapan transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. Kegiatan transformasi nilai dilakukan dalam kegiatan pembelajaran secara tatap muka dengan menerapkan ragam metode, sehingga siswa mampu mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis dan mengevaluasi materi yang disajikan oleh guru tentang nilai-nilai kebaikan dan keburukan dalam sebuah pilihan tindakan seseorang. Pada tahap transaksi nilai terjadi interaksi dalam bentuk komunikasi secara aktif secara dua arah atau adanya interaksi yang baik antara guru dan siswa. Pada tahap trans-internalisasi nilai, guru melakukan pendalaman nilai mulai dari penerimaan nilai sampai proses menjadi karakter sehinga dapat berhasil sesuai tujuan yang diharapkan yaitu melahirkan siswa yang berakhlak mulia dan bertakwa kepada Allah. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Akhlak, Komunikasi Interpersonal ABSTRACT Moral education which is identified with character education aims to develop positive values that shape the character of the nation. This study describes the material content of moral values education and the application of intrapersonal communication strategies in moral values education at SDN Klampar III Proppo, Pamekasan, East Java. This research used a qualitative approach, which was carried out at SDN Klampar III in the even semester of the 2022/2023 academic year. Data collection was carried out using observation, interviews and documentation techniques. Data analysis started with data reduction activities, then continued with data presentation and drawing conclusions. The results of this study are (1) the main moral values taught at SDN Klampar III are listed in the Basic Competencies contained in the Subjects of Islamic Religious Education and Character. Values education activities are carried out through intracurricular learning activities, extracurricular and non-curricular activities, (2) intrapersonal communication strategies in moral values education are carried out by teachers through the stages of value transformation, value transactions and value transinternalization. Value transformation activities are carried out in face-to-face learning activities by applying a variety of methods, so that students are able to know, understand, apply, analyze, synthesize and evaluate the material presented by the teacher about good and bad values in a person's choice of action. At the value transaction stage there is interaction in the form of active two-way communication or good interaction between teachers and students. At the transinternalization stage of values, the teacher deepens values, so that starting from receiving values until the process of becoming a character can be successful according to the expected goals, namely to produce students who have noble character and fear Allah Keywords: Values, Moral Education, Interpersonal Communication

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 29 May 2024 04:34
Last Modified: 29 May 2024 04:34
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item