Hadi, M.Pd., Dr. H. Saiful (2024) ILMU PENDIDIKAN : KONSEPSI, WAWASAN, DAN PRAKTIK PENDIDIKAN. UIN MADURA PRESS, PAMEKASAN. ISBN 978-623-5614-31-1
Text
Saiful Hadi_Ilmu Pendidikan_Konsepsi, Wawasan dan Praktik Pendidikan[1].pdf Download (2MB) |
Abstract
Secara diskriptif analitik buku ini membahas dan menyajikan secara detail tentang hakikat pendidikan, pandangan filosofis dan ilmiah tentang manusia serta implikasinya terhadap pendidikan, konsep pendidikan sebagai suatu sistem dan sistem pendidikan nasional, dasar-dasar pendidikan, tujuan pendidikan, azas-azas pendidikan, pendidik dan peserta didik, permasalahanpermasalahan pendidikan, pendidikan dan masa depan kehidupan umat manusia. Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan suatu bangsa. Melalui pendidikan, individu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk berkontribusi secara positif dalam masyarakat. Buku ini disusun dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai konsep-konsep dasar dalam ilmu pendidikan, wawasan tentang berbagai teori dan pendekatan pendidikan, serta praktik-praktik pendidikan yang efektif. Ilmu pendidikan merupakan unsur penting yang harus dipelajari oleh setiap guru atau pendidik apalagi calon guru atau calon pendidik yang akan melakukan aktifitas kependidikan baik di lingkungan sekolah formal, nonformal ataupun informal. Sebab menguasai dasar-dasar mendidik yang baik, menjadi indikator keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas kependidikan. Kepmendiknas Nomor 045/U/2002 menyebutkan kompetensi sebagai seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan pekerjaan tertentu. Jadi kompetensi guru dapat dimaknai sebagai kebulatanpengetahuan, keterampilan dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran. Dijelaskan dalam Undang-Undang No. 14 tahun 2005 dan para PP. Nomor 19 tahun 2005 bahwa: “guru profesional salah satu diantara tuntutan dan prasyarat yang harus dimiliki adalah kompetensi pedagogik,”. Kompetensi pedagogik merupakan bagian diantara kompetensi yang lain yaitu; kepribadian, sosial, dan profesional, keempat aspek tersebut menjadi pilar setiap guru atau pendidik. Usaha menguasai kompetensi sebagai prasyarat dalam menjalankan tugas kependidikan dapat diperoleh melalui aktifitas pendidikan formal yaitu mengikuti sekolah keguruan atau sering diistilahkan pre service training, dan melalui berbagai aktifitas pengembangan setelah mengikuti pendidikan formal yang diistilahkan in service training. Tujuan utama atas penguasaan komptensi tersebut adalah mendorong ketercapaian mutu pendidikan, sebab peran guru atau pendidik dalam merealisasikan kegiatan pendidikan memiliki peran sentral yaitu; merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi aktifitas kependidikan, baik ketika melakukannya di dalam kelas atau di luar kelas
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 09:40 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 02:38 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1115 |
Actions (login required)
View Item |