Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 2 Geger

Fadeh, M.Pd.I (2024) Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 2 Geger. Other thesis, IAIN Madura.

[img] Text
7. Ptk fadeh - Abd. Ghofur, M.Pd.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran yang guru gunakan dalam setiap kali pertemuan kelas sudah seharusnya setelah melalui seleksi yang berkesesuaian dengan perumusan tujuan intruksional khusus. Sebab dalam kegiaatan belajar mengajar, mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak peserta didik. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja peserta didik sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan menumbuhkan motivasi belajar yang maksimal. Yang bisa meningkatkan motivasi secara signifikan dengan kegiatanbelajar aktif pada peserta didik. Kajian dalam penelitian ini adalah: penerapan Metode Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna Kelas VII UPTD SMPN 2 Geger. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, khususnya di Kelas VII UPTD SMPN 2 Geger, salah satunya yaitu dengan menerapkan model Discovery Learning. Dengan menerapkan model pembelajaran ini diharapkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna dapat meningkat. Tujuan penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna setelah diterapkannya model Discovery Learning pada peserta didik Kelas VII UPTD SMPN 2 Geger. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas VII UPTD SMPN 2 Geger tahun pelajaran 2023/2024. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (94,4%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Discovery Learning dapat berpengaruhpositif terhadap motivasi belajar Peserta didik SMPN 2 Geger tahun pelajaran 2023/2024, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:51
Last Modified: 30 Jul 2024 04:55
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item View Item