Mantra Sakti: Meraih Sukses dalam Belajar (Pendekatan teori belajar ala Muhammad Anwar Al-Syarqawi)

Muhsin, dkk, Moh Ali (2022) Mantra Sakti: Meraih Sukses dalam Belajar (Pendekatan teori belajar ala Muhammad Anwar Al-Syarqawi). Klik Media, Lumajang.

[img] Text
2. 2022. Mantra Sakti Meraih Sukses dalam Belajar (Pendekatan teori belajar ala Muhammad Anwar Al-Syarqawi) -PAI-B-22.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terbitnya buku ini sebagai syarat bagi mahasiswa Pascasarjana IAIN Madura untuk mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) dalam mata kuliah bahasa asing yang diampu oleh Bapak Dr. Achmad Muhlis, M.A. Dengan demikian, beberapa judul berbeda di dalam buku ini merupakan tulisan mahasiswa PAI Pascasarjana semester 1 (Kelas B) yang mengkaji teori belajar Muhammad Anwar Al- Syarqawi. Buku yang disusun ini bisa menjadi panduan metodologis bagi mahasiswa, guru, dosen maupun pelaku atau pemerhati pendidikan. Sebab buku ini membahas berbagai aspek tentang pentingnya pembelajaran; baik secara strategi, metode, motivasi dan hal terkait yang perlu dikuasai oleh pendidik. Mungkin pembaca bertanya-tanya kenapa buku ini diberi judul “mantra sakti meraih Sukses?”.Tentu judul ini memiliki makna folosofis yang begitu mendalam. Menurut Wikipedia, pengertian mantra adalah bunyi, suku kata, kata, atau sekumpulan kata- kata yang dianggap mampu “menciptakan perubahan”. Dengan definisi itulah, buku ini, diyakini juga sebagai “mantra” sakti dalam proses belajar mengajar, sehingga tujuan pendidikan bisa dicapai dengan mudah sukses. Sebagai “mantra” maka pembaca harus komat-kamit membaca dengan khusu’ mulai dari satu kata, satu kalimat, satu pragraf, bab ke bab hinggadari satu judul kejudul lainnya agar mantranya bisa dikuasai dan benar-benar memberikan dampak perubahan yang positif. Hehe.. John Lockle dalam teori Tabula Rasa mengatakan, anak-anak terlahir tanpa isi, dengan kata lain ibarat kertas kosong. Dengan demikian, tugas utama guru atau pendidik dalam proses pendidikan adalah mengisi kertas kosong tersebut dengan pelajaran yang bermanfaat bagi anak, sehingga mereka memiliki ilmu. Namun demikian, diperlukan metode khusus bagaimana guru bisa mendidik siswa dengan baik dan siswa memiliki semangat dalam belajar. Metode itulah yang kemudian kami sebut dengan “Mantra Sakti”. Dalam buku ini mahasiswa (penulis) menyajikan berbagai metode atau konsep pembelajaran berdasarkan Muhammad Anwar Al-Syarqawi dan didukung oleh berbagai tokoh pendidikan lainnya.

Item Type: Book
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:00
Last Modified: 31 Jul 2024 08:00
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item