Muin,dkk, Abdul (2024) POTRET MADRASAH DI MADURA. PENERBIT KBM INDONESIA, Jogjakarta. ISBN 62-1307-5024-151
Text
6. 2024. Potret Madrasah di Madura -PAI-22 .pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Dalam rangka membentuk intelegensi, karakter, serta keimanan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, maka manusia tidak bisa lepas dari pendidikan. Pendidikan sangat penting bagi manusia sebagai petunjuk dalam menjalankan kehidupan dan kemajuan yang sangat pesat. Dalam Islam pendidikan kegamaan erat kaitannya dengan madrasah karena pokok pembelajarannya membahas tentang akidah, syari’ah fikih daln lain sebagainya. Madrasah merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang serupa dengan sekolah pada umumnya, namun terdapat perbedaan yakni madrasah mendominasi dalam sistem pembelajaran yang terfokus pada pembelajaran agama Islam yang meliputi, akidah, fiqih sejarah kebudayaan Islam serta pembelajaran agama Islam lainnya.1 Secara umum di Indonesia penyebutan madrasah sudah menjadi lumrah dan penyebutan dalam bahasa Indonesia yang sudah umum digunakan. Namun sebelum madrasah lahir di dunia Islam tidak terlepas dari sejarah awal mula muncul pendidikan agama Islam. Sejarah puncak munculnya pendidikan Islam, yaitu pada masa dinasti Abbasiyah, yang sangat erat kaitannya dari kemenangan dan keberhasilan para ilmuan pendidikan agama Islam pada masa itu. Dengan keberhasilan para ilmuan, pendidikan agama Islam, dapat dirasakan oleh umat Islam dan masyarakat secara umum dalam berbagai bidang ilmu, bahkan juga merupakan cikal bakal munculnya pencerahan di dunia Eropa. Pendidikan agama Islam pada masa itu mengalami peningkatan secara perlahan, dimulai dari tingkat awalsampai pendidikan tingkatan tinggi.Dalam sistem pengelolaan oleh khalifa atau pemerintah, madrasah pada masa itu dinamakan dengan madrasah Nizhamiyah yang didatangi oleh para pelajar 1 Muhammad Rouf, “Memahami Tipologi Pesantren Dan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Indonesia,” Tadarus 5, no. 1 (2016): 70. Potret Madrasah di Madura - 3 dari berbagai penjuru kota pelajar muslim bahkan pelajar non muslim.2 Pendidikan agama Islam dari sistem pengelolaan dan penerapan pembelajaran tampak beragam. sebelum munculnya madrasah pada masa itu memanfaatkan tempat fasilitas umum yang digunakan seperti masjid yang bergabung dengan asrama pemondokan sebagai tempat penginapan para pelajar yang berasal deri berbagai kota, terdapat berbagai lembaga lain yang menunjukkan kekhasan orientasinya. Islam sebelum madrasah berdiri sudah mempunyai lembaga pendidikan pada awal perkembangannya. Lembaga pendidikan Islam pada masa itu memanfaatkan fasilitas umum, disamping masjid yang terdapat asrama sebagai tempat singgah dari berbagai pelajar luar kota.3 Tempat itu di gunakan sebagai pelajar tingkat dasar yang digunakan sebagai tempat belajar membaca dan menulis saja. Namun setelah keberhasilan Bani Saljuk yang berasal dari aliran ahlussunnah waljamaah atas bani buwaih yang perpegang teguh pada aliran kepercayaan syi’ah kemudian muncul lemabaga pendidikan agama Islam yaitu berdirinya madrasah pertama didunia Islam yang dinamakan dengan nadrasah Nizhamiyah
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 08:16 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 08:34 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1123 |
Actions (login required)
View Item |