Peningkatan Hasil Belajar Al-Quran Hadits dengan Metode Jigsaw Kelas 3 MI Hidayatul Mubtadiin II

Hayat, Moh. (2024) Peningkatan Hasil Belajar Al-Quran Hadits dengan Metode Jigsaw Kelas 3 MI Hidayatul Mubtadiin II. Other thesis, IAIN Madura.

[img] Text
21. PTK Hayat - Nurul Zainab.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini membahasan tentang suatu penggunaan metode pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin II, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) jenis kolaboratif yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengukur aktivitas guru dan siswa setiap per siklusnya. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw. Dan metode dokumentasi digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi di kelas pada waktu pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan Metode pembelajaran Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin II yaitu 58% pada siklus I, dan 91% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok QS. Al-Ikhlash dari peningkatan nilai tes di setiap siklus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:12
Last Modified: 05 Aug 2024 08:12
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item