Wafa, M. Ali (2024) Peningkatan Hasil Belajar Materi Iman Kepada Qada dan Qadar melalui Metode Mind Mapping di MTs Nurul Islam. Other thesis, IAIN Madura.
Text
28. ptk_ali wafa - Halimatus Sa_diyah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini diawali dengan observasi terhadap kegiatan pembelajaran di Kelas IX C MTs Nurul Islam untuk mengetahui permasalahan yang terdapat di kelas tersebut. Permasalahan yang ditemukan yaitu mengenai hasil belajar siswa sebagaian besar masih di bawah KKM dan kegiatan pembelajaran masih menggunakan Metode konvensional seperti ceramah. Oleh karena itu, dalam penelitian ini pembelajaran Akidah Akhlak Tengtang Iman kepada Qada dan Qadar dengan menerapkan Mind Mapping. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan metode pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX C materi Iman Kepada Qada Dan Qadar di MTs Nurul Islam dan Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran AkidahAkhlak Kelas IX C materi Memahamani Makna Iman Kepada Qada Dan Qadar setelah menggunakan metode Mind Mapping di MTs Nurul Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Mind Mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Metode PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. PTK ini dilaksanakan di MTs Nurul Islam dengan jumlah siswa 15 orang yang terdiri dari 7 orang siswa laki- laki dan 8 orang siswa perempuan . Penulisan Mind Mapping ini terdiri dari empat langkah tahapan, membuat cabang- cabang yang berasal dari tema, ide atau gagasan utama yang telah ditentukan. Cabang- cabang yang telah dibuat dapat dikembangkan menjadi beberapa anak cabang yang baru. Instrumen yang digunakan dalam PTK ini terdiri dari lembar observasi terhadap guru dan siswa serta lembar evalusi yang berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklus. Nilai rata-rata kelas siklus I mencapai 76.25 dengan ketuntasan belajar siswa menurut KKM sebesar 66.67% dan nilai rata-rata pada siklus II mencapai 92. dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91 % Berdasarkan hasil belajar tersebut, penerapan Mind Mapping dalam pembelajaran Materi Iman Kepada Qada dan Qadar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan guru-guru untuk menerapkan Mind Mapping dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 08:32 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:32 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1160 |
Actions (login required)
View Item |