Hasanah, Merydatul (2024) Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al-Azhar. Other thesis, IAIN Madura.
Text
30. Ptk_mery - Abd. Mukhid.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah proses pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa merasa bosan, jenuh, dan kurang minat atau bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena seorang guru ketika pembelajaran berlangsung hanya menggunakan metode ceramah dan monoton. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung masih ada siswa yang sibuk sendiri dan mengobrol. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Problem Based Learning mampu meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Azhar. 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Al-Azhar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 18 peserta didik kelas VII MTs Al-Azhar Guluk Manjung Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2022/2023.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari pra siklus sebesar 22,22 %, siklus I meningkat menjadi sebesar 55,55 %, dan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat drastis mencapai sebesar 88,88 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Al-Azhar Guluk Manjung Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 08:36 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:36 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1162 |
Actions (login required)
View Item |