Mutiah, Mutiah and Muhlis, Achmad (2023) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI DENGAN METODE “CARD SHORT” MATERI HURUF HIJAIYAH DI SDN JANGKAR 3. Project Report. IAIN MADURA, PAMEKASAN.
Text
Mutiah & Achmad Muhlis.pdf Download (1MB) |
Abstract
ku Tahu Huruf Hijaiyah di UPTD SD Jangkar 3 Tanah Merah. Dalam hal ini dibuktikan dengan adanya nilai ulangan tengah semester siswa yang masih banyak dibawah nilai KKM yaitu 70. Dari sekian siswa yang berjumlah 21 hanya 6 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Dan yang dibawah KKM yaitu 15 siswa. hal ini bisa di artikan bahwa prestasi belajar siswa sangat rendah. Hal ini bisa terjadi kemungkinan ada beberapa faktor atau masalah yang di alami oleh siswa sehingga dengan adanya masalah tersebut prestasi siswa menurun dan siswa tidak memiliki motivasi untuk belajar. Selain itu juga bisa terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan guru (peneliti) bersifat monoton misalnya hanya menggunakan metode ceramah saja, hal ini membuat siswa bosan dan tidak tertarik serta malas belajar. Dan hal lain yang bisa memungkinkan prestasi siswa menurun karena kurangnya perhatian dan dukungan dari guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Guru (peneliti) terlalu fokus pada pembelajaran tanpa memperhatikan kondisi siswa. Dengan demikian siswa tidak memiliki motivasi dalam dirinya untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Dalam menanggapi permasalahan tersebut maka guru dapat menciptakan suatu kegiatan pembelajaran yang melibatkan peran serta siswa secara aktif dan mampu meningkatkan pemahaman pada materi sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Untuk membangkitkan prestasi belajar siswa, peneliti memfokuskan pada penggunaan metode pembelajaran card short yang merupakan metode pembelajaran yang menggunakan alat berbentuk kartu, selaku alat bantu untuk guru dalam mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam metode ini, setiap siswa diberi kartu yang berisi informasi tentang materi pelajaran, untuk kemudian disusun berdasarkan kategori yang telah ditetapkan oleh guru. Oleh karena itu, penggunaan metode Card Short ini diharapkan mampu menarik perhatian siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi nelajar siswa di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 02:44 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 02:44 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1166 |
Actions (login required)
View Item |