KEPALA MADRASAH DAN MANAJEMEN KONFLIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Dr., Mohammad Thoha, M.Pd.I. (2018) KEPALA MADRASAH DAN MANAJEMEN KONFLIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. In: The 1st Annual Conference on Islamic Education Management, 24 - 26 April 2018, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
Manajemen Konflik LPI.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah merupakan penentu masa depan madrasah. Kegagalan dan keberasilan suatu sekolah/madrasah banyak ditentukan oleh kepala sekolah/madrasah. Kepala sekolah/madrasah sebagai seorang yang menentukan titik pusat dan irama suatu madrasah memiliki peran yang kompleks di antara sebagai pengendali konflik. Konflik merupakan pertentangan dalam hubungan kemanusiaan antara satu pihak dengan pihak yang lain yang timbul dari adanya perbedaan yang mengakibatkan hal positif atau negatif. Pandangan terhadap konflik terbagi menjadi tiga fase yaitu fase konvensional, hubungan antar manusia, dan fase kontemporer. Dalam penyelesaian konflik kepala sekolah/madrasah membutuhkan manajemen konflik. Manajemen konflik dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap analisis, penilaian, dan penyelesaian konflik. Dalam proses manajemen tersebut dibutuhkan pengetahuan terkait konflik seperti sumber-sumber, faktor penyebab, pihak yang terlibat, jenis-jenis dan model-model penyelesaian konflik. Kepala sekolah/madrasah dapat menjadi pihak utama dalam manajemen konfik-konflik yang terjadi di madrasah yakni melibatkan diri secara aktif dalam situasi konflik yang berkembang. Pada kasus apapun kepala madrasah harus menjadi seorang partisipan yang terampil dalam dinamika konflik sehingga dapat meningkatkan prestasi seluruh tenaga kependidikan di madrasah

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Konflik
Depositing User: Hairul Agust Cahyono
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:43
Last Modified: 26 Mar 2020 14:23
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item