MENGASAH KETERAMPILAN MANAJEMEN KEUANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DENGAN PENDEKATAN PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR) (Developing the Financial Management Skills of Santri in Islamic Boarding Schools with a Participatory Action Research (PAR) Approach)

Kamaroellah, R. Agoes and Sofian, Alfian Halid and Pratama, Anang Jarot (2025) MENGASAH KETERAMPILAN MANAJEMEN KEUANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DENGAN PENDEKATAN PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR) (Developing the Financial Management Skills of Santri in Islamic Boarding Schools with a Participatory Action Research (PAR) Approach). Jurnal Abdi Insani. ISSN 2828-4321 (In Press)

[img] Text
Copyediting+2486.pdf

Download (463kB)
[img] Text
Turnitin+2486+-+13_ (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
INVOICE 2486 R. Agoes Kamaroellah (2).pdf

Download (598kB)

Abstract

Penelitian Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan pelatihan manajemen keuangan bagi santri pondok pesantren menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Pendekatan PAR dipilih karena melibatkan partisipasi aktif santri dalam setiap tahap penelitian pengabdian. Penelitian pengabdian ini dilakukan pada 150 santri dari Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan Madura, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Materi pelatihan mencakup perencanaan keuangan, pengelolaan uang saku, menabung, investasi, dan pengelolaan utang, dengan metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, studi kasus, dan simulasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap santri terhadap manajemen keuangan. Skor pengetahuan meningkat dari 45% pada pre-test menjadi 80% pada post-test. Santri juga menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam membuat anggaran, menabung, mengelola pengeluaran, dan mengelola utang. Sikap mereka terhadap manajemen keuangan menjadi lebih positif dengan meningkatnya kesadaran dan kepercayaan diri. Penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan PAR efektif dalam meningkatkan kemampuan manajemen keuangan santri pondok pesantren. Dengan partisipasi aktif dan metode pembelajaran variatif, santri dapat lebih memahami dan menerapkan konsep manajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan pendidikan keuangan di pondok pesantren, sehingga santri lebih mandiri dan sejahtera di masa depan. Keywords: Pelatihan Manajemen Keuangan,Participatory Action Research (PAR), Keterampilan Keuangan Santri

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 03 Jun 2025 06:31
Last Modified: 03 Jun 2025 06:34
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item