PEMBELAJARAN KARAKTER DI PERGURURUAN TINGGI ISLAM (Studi Atas Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan)

Muchlis Solichin, Mohammad (2018) PEMBELAJARAN KARAKTER DI PERGURURUAN TINGGI ISLAM (Studi Atas Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan). Nuansa, 15 (2). pp. 287-304.

[img]
Preview
Text
6. MUAMSA 2018.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pembelajaran Karakter-review.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertujuan ingin memahami pola pembelajaran karakter di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembelajaran karakter di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan adalah 1) dengan menggungkap makna dari berbagai teori 2) menghubungkan kajian teoritik dengan berbagai nilai dalam kehidupan (pendekatan reflektif), 3) mengungkap manfaat ilmu pengetahuan, 4) menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam bidang ilmu 5) menyisipkan anjuran agar mahasiswa menahan diri dan menjauhkan laranga Islam dan norma sosial, 6) memberikan tegoran kepada mahasiswa yang melanggar kode etik, 7) memberikan sanksi kepada mahasiswa yang melalakukan pelanggaran. Kata Kunci: Pembelajaran, Karakter, Mahasiswa Abstract: This writing is trying to understand the character- based teaching and learning in the state of Islamic School Pamekasan. The researcher used qualitative approach in this research, where non-participant observation, interview and documentation as the instrument to collect the data. Data analysis used were data reduction, data display and drawing conclusion. The research result showed that the patterns used in the character- based teaching and learning in the State Islamic School Pamekasan are in the form of: 1) uncovering the meaning from several theories, 2) relating the theory analysis with values in life (reflective approach), 3) revealing the siginificance of knowledge, 4) explaining values containing in the knowledge, 5) inserting suggestion for students about self control and keeping away from what is being banned in Islam and social norms, 6) giving some warnings when the students break the rule of ethics, 7) giving punishment to students for breaking the rule. Keywords: Teaching and learning, Character, Students.

Item Type: Article
Subjects: ?? m71B ??
?? m_071 ??
Divisions: Penelitian > Pegawai dan Dosen
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 29 Jun 2020 08:31
Last Modified: 13 Sep 2021 07:08
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item