KRITIK SASTRA Pengantar Teori, Kritik, & Pembelajarannya

Agik Nur, Efendi (2020) KRITIK SASTRA Pengantar Teori, Kritik, & Pembelajarannya. Madza Media, Jln. Pahlawan Simbatan-Kanor-Bojonegoro Jln. Joyotamansari 1 No. 22 Lowokwaru Kota Malang Email: redaksi@madzamedia.co.id. ISBN 978-623-7334-31-6

[img] Text
5. BUKU REFERENSI KRITIK SASTRA AGIK JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sastra menjadi sebuah keniscayaan yang ada dalam dunia pendidikan. Bayangkan bila tidak ada sastra dalam dunia pendidikan! Apa yang akan terjadi? Bagaimana setiap keindahan dapat tersampaikan dengan perpaduan imajinasi. Paradigma sastra yang indah, bebas, imajinatif harus tetap dikemas dengan rapi dalam bingkai dunia pendidikan. Sastra menjadi hal yang perlu diajarkan untuk menunjang karakter siswa. Dalam perkembangannya, proses pembelajaran sastra di sekolah mulai terkikis. Faktor-faktor seperti kurikulum, guru, materi sastra yang kurang menarik, atau seluk-beluknya harus dapat diatasi dengan berbagai penanganan. Kelemahan belajar sastra mayoritas terletak pada lemahnya kemauan dan kemampuan untuk membaca. Membaca adalah proses mengandung dan menulis adalah proses melahirkan. Seorang yang memiliki bacaan yang banyak dan baik akan dapat melahirkan tulisan, akhlak, tutur kata, dan tingkah laku yang baik pula. Begitu pun sebaliknya, anaknya yang kurang suka membaca akan berbeda. Kandungan pembelajaran sastra tidak main-main nilainya. Seorang kritikus sastra dalam memandang suatu fenomena kesusastraan harus memiliki kecakapan dan kecermatan yang tajam. Kritikus sastra dapat menjadi hakim untuk menjatuhkan vonis, bisa juga menjadi „jaksa‟ yang melayangkan berbagai tuduhan dan memberatkan, bisa juga menjadi pembela dengan memberi argumentasi yang meringankan, bisa juga sebagai dokter atau ahli medis yang dapat membedah dan memberikan imunitas pada suatu karya, atau juga sebagai „sales yang berbicara panjang-lebar. Terlepas dari itu semua, kritikus terlebih dahulu memiliki bekal teori atau konsep dalam memandang dan mengupas suatu karya sastra. Buku ini menyajikan berbagai sudut pandang mengenai sastra. Secara umum, buku ini dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama berisi pembahasan awal mengenai sejarah, pengertian, dan perkembangan kritik sastra. Bagian kedua berisi tentang teori-teori sastra kontemporer yang lazim digunakan dalam menganalisis sastra. Pada bagian ini juga dipaparkan teori-teori baru (post-) yang telah berkembang. Pada bagian ketiga membahas tentang kritik sastra dalam dunia pendidikan. Pada bagian ini berisi proses pembelajaran kritik sastra di sekolah, permasalahan, dan langkah pembelajarannya. Pada bagian keempat berisi contoh penerapan kritik sastra dalam dunia akademik. Secara umum, buku ini memadukan pembelajaran kritik secara akademis, baik di dunia perguruan tinggi dan di sekolah. Pada kesempatan ini, perkenankanlah saya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terbitnya buku ini. Pertama, saya ucapkan terima kasih kepada kedua orang tua saya, Ibunda Supiyati dan Ayahanda Poniman yang selalu mendoakan, mendidik, dan memberikan yang terbaik kepada kedua anaknya. Semoga beliau senantiasa diberi kebahagiaan dunia dan akhirat. Kedua, terima kasih kepada Bapak Rektor IAIN Madura, Dr. H. Atiqullah, S.Ag., iv M.Pd., Dr. H. Achmad Muhlis, M. A., Dr. Mohammad Toha, M.Pd., yang selalu memotivasi untuk menulis buku dan produktif. Terima kasih kepada Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia, Bapak Moh Hafid Effendy, M.Pd., atas diskusi yang sering berlangsung. Terima kasih pula penulis haturkan pada istri tercinta, Erika Kurniawati (Tanpamu Aku Bisa, Bersamamu Aku Sempurna) yang dengan sabar membiarkan saya untuk bebas menulis dan menulis. Begitu pula, jabang bayi yang sedang dalam alam rahim, yang selalu memberi semangat penulis untuk berbuat dan memberi contoh yang baik. Terlepas dari itu semua, saya ucapkan syukur yang tidak terbatas kepada Allah Al-Alimu yang memberi sedikit percikan embun pengetahuan sehingga dapat menikmati hidup dan memiliki daya dalam menulis buku ini. Perkenankanlah saya juga berterika kasih kepada pebaca yang telah meluangkan waktu untuk membaca buku ini. Saya sadar, buku ini jauh dari kata sempurna dan belum mengakomodasi secara keseluruhan. Begitu bahagianya hati saya bila pembaca memberikan saran untuk perbaikan buku ini pada tahap selanjutnya. Semoga hadirnya buku ini menjadi jalan panjang keilmuan. Buku ini untuk kalian: terima kasih. Salam Seni dan Budaya. Salam Literasi. Salam Profetik. Sore itu di Pamekasan, 21 November 2019 Agik Nur Efendi

Item Type: Book
Subjects: ?? m_072 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:30
Last Modified: 29 Jun 2023 03:32
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item