ASESMEN ANAK USIA DINI

Prastyo, Danang (2019) ASESMEN ANAK USIA DINI. CV. Madza Media, Malang. ISBN 978-623-7334-23-1

[img] Text
Buku Ajar Aseesmen PAUD Danang Prastyo,M.Pd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sebagai calon pendidik maupun pengelola PAUD sudah dipastikan bahwa kita harus mengetahui rentan usia AUD dan aspek perkembangan apa saja yang harus dikembangkan pada pendidikan AUD. Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun. Pada usia tersebut merupakan masa keemasan (golden age), pada masa inilah otak anak berkembang mencapai 80% artinya pada masa ini anak berada dimasa peka yaitu masa yang sangat mudah dalam menerima stimulasi pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini (Hibana,2002:5). Oleh karena itu, stimulasi yang tepat dan berkesinambungan perlu diberikan supaya tumbuh kembang anak dapat berjalan secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan anak. Aspek perkembangan anak usia dini yang perlu untuk dioptimalkan yaitu meliputi enam aspek perkembangan. Keenam aspek tersebut ialah aspek kognitif, bahasa, sosial emosional, fisik motorik, dan nilai agama dan moral (NAM) serta seni. Dari semua aspek perkembangan anak alangkah baknya jika dikembangkan dan dioptimalkan secara bersamaan sehingga tidak ada salah satu aspek yang tidak berkembang dengan optimal, karena jika salah satu aspek perkembangan tidak berkembang dapat mempengaruhi aspek perkembangan yang lain. Konsep perkembangan anak usia dini ini berkaitan erat dengan dengan materi konsep dasar PAUD dan pengantar PAUD, karena materi perkembangan anak usia dini dibahas lebih luas dan detail pada materi konsep dasar PAUD sehingga pendidik dalam melakukan proses KBM sampai proses asesmen tidak mengalami kesulitan

Item Type: Book
Subjects: ?? m_131 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:20
Last Modified: 24 Jan 2023 06:44
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item