PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM

Hasanah, Iswatun (2019) PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM. IAIN Madura Press, Pamekasan. ISBN 978-623-93589-0-0

[img] Text
ISWATUN HASANAH - BUKU AJAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

masa revolusi industri yang hampir dalam semua lini tidak bisa dilepaskan dengan tekhnologi. Perkembangan tekhnologi yang begitu pesat berdampak terhadap banyak hal salah satunya remaja yang tidak lain adalah masa depan bangsa. Remaja adalah fase kehidupan yang penuh dengan masalah dan penyesuain secara fisik dan psikis. Remaja membutuhkan pendampingan tidak hanya dari orang tua, tetapi dari pihak sekolah yang dapat mengakomodir layanan-layanan yang sifatnya dapat membantu remaja dalam menerima diri, memahmami diri, dan mengarahkan diri. layanan bimbingan dan konseling adalah layanan yang diperuntukkan kepada peserta didik pada tingkatan Sekolah Menengah pertama (SMP)-Sederajat dan Sekolah menengah Atas (SMA)- Sederajat dengan tujuan memandirikan peserta didik dan dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangan dirinya. Pemahaman tentang bimbingan dan konseling sebagai suatu sistem dan kerangka kerja kelembagaan tidak dapat dilepaskan dari pandangan umum bahwa layanan BK merupakan bagian integral dari sistem pendidikan. Layanan bimbingan dan konseling harus terencana, terjadwal, dan teroganisir dengan baik, sehingga semua peserta didik dapat memperoleh layanan bimbingan dan konseling, baik peserta didik yang bermasalah ataupun peserta didik yang berprestasi. Dalam mengorganisir layanan bimbingan dan konseling bisa dilakukan dengan membuat program bimbingan dan konseling dengan menggunakan analisis kebutuhan. Dengan ruang lingkup layanan yang semakin luas dan kompatibilitas tujuan dengan tujuan pendidikan, pengelolaan dan pengembangan BK sebagai suatu program tidaklah mungkin dilakukan dengan cara yang sederhana dan terkesan asal jalan begitu saja. Jika petugas BK dan konselor menginginkan capaian dan target yang betul-betul maksimal dan mampu memunculkan perubahan-perubahan yang positif dalam diri peserta didik, maka pengelolaan dan pengembangan program ataupun layanan BK harus memanfaatkan pendekatan manajemen yang rasional dan ilmiah. Buku ajar ini tidak hanya memberikan keterampilan praktis berupa langkah-langkah praktikal dalam menyusun dan mengembangkan program Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Lebih daripada itu, petugas BK dan konselor perlu memiliki penguasaan yang memadai tentang asumsi pokok, prinsip dasar, serta acuan konseptual yang melatarbelakangi penyusunan suatu program.

Item Type: Book
Subjects: ?? m71H ??
?? m_002 ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:01
Last Modified: 24 Jan 2023 06:41
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item