Putikadyanto, Agus Purnomo Ahmad and Sefrianah, Nur Aisyah (2016) Pandangan Hidup Guru Bahasa Liberal SMK Kartika IV-1 Malang. In: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra (SENABASTRA), 1 Juni 2016, Universitas Trunojoyo Madura.
|
Text
Prosiding Seminar Nasional Trunojoyo.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan hidup guru bahasa Indonesia SMK Kartika IV I Malang yang berideologi liberal tentang tujuan pendidikan secara menyeluruh (umum), tujuan sekolah, ciri-ciri umum, anak sebagai pelajar, administrasi dan pengendalian, sifat-sifat kurikulum, implementasi mata pelajaran, metode pengajaran dan penilaian hasil belajar, dan kendali di ruang kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan alitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia liberal SMK Kartika IV-I Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara yang mendalam dan observasi. Analisis data menggunakan rambu-rambu ideologi pendidikan O'Neil (2008). Hasil penelitian ini adalah pandangan hidup guni bahasa Indonesia liberalSMK Kartika IV-1 Malangtentang tujuan pendidikan secara menyeluruh (umum), tujuan sekolah, ciri-ciri umum, anak sebagai pelajar, administrasi dan pengendalian, sifat-sifat kurikulum, implementasi mata pelajaran, metode pengajaran dan penilaian hasil belajar, dan kendali di ruang kelas beragam. Akan tetapi, pandangan hidup guru bahasa Indonesia liberal SMK Kartika IV-I Malangtidak selalu sama dengan teori rambu-rambu ideologi pendidikan liberal O'Neil. Kata kunci: Ideologi pendidikan liberal, pandangan hidup, guru Bahasa Indonesia SMK Kartika IV-I Malang
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | ?? m_071 ?? ?? m_072 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | M.Pd. Agus Purnomo Ahmad Putikadyanto |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 01:14 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 01:14 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/415 |
Actions (login required)
View Item |