INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN DALAM ISLAM: PERSPEKTIF FILOSOFIS-HISTORIS

Kosim, Mohammad (2021) INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN DALAM ISLAM: PERSPEKTIF FILOSOFIS-HISTORIS. In: REPOSISI, REDEFINISI DAN REAKTUALISASI MODEL BARU INTEGRASI KEILMUAN DALAM MEMBANGUN KEDEWASAAN BERAGAMA. LKiS, Yogyakarta, pp. 58-77. ISBN 978-623-7177-80-7

[img] Text
Integrasi Ilmu dlm Islam_Moh_Kosim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan dalam Islam memiliki karakteristik khas yang berbeda secara fundamental dengan ilmu-ilmu yang dikembangkan di Barat, baik landasan, sumber, sarana, dan metodologinya. Selama kurang lebih enam abad (650-1250 M), umat Islam berada pada garda depan dan menjadi kiblat dunia dalam pengembangan ilmu. Tapi kini, kejayaan tersebut meredup dan digantikan dunia Barat sebagai penguasa ilmu pengetahuan dan teknologi. Yang menjadi masalah, pengembangan ilmu di Barat bercorak sekuler sehingga memunculkan ekses negatif seperti sekularisme, materia¬lisme, hedonisme, indi¬vidua¬lisme, konsumerisme, rusaknya tatanan keluarga, pergaulan bebas, dan penyalah¬gunaan obat terlarang. Memperhatikan hal di atas, maka sudah selayaknya umat Islam berupaya menata diri untuk menghidupkan kembali etos keilmuan sebagaimana pernah dialami di era klasik dengan harapan mampu menyaingi dominasi Barat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Artikel berikut—dengan segala keterbatasannya—berusaha menjelaskan epistemologis ilmu agama Islam, pasang surut perkembangan ilmu agama Islam dalam lintasan sejarah, dan gagasan pengembangan ilmu agama Islam.

Item Type: Book Section
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 30 Nov 2022 01:32
Last Modified: 30 Mar 2023 02:28
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item