LAPORAN HASIL PENELITIAN STRATEGI PENINGKATAN NILAI-NILAI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENGELOLAAN (MANAJEMEN) SUMBER DAYA MANUSIA DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM

Thoha, Mohammad and Taufikurrahman, R. (2016) LAPORAN HASIL PENELITIAN STRATEGI PENINGKATAN NILAI-NILAI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENGELOLAAN (MANAJEMEN) SUMBER DAYA MANUSIA DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM. Project Report. STAIN PAMEKASAN press, Pamekasan.

[img]
Preview
Text
3. Laporan Hasil Penelitian 2016.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Kecerdasan emosionl, emosi, motivasi, manajemen sumber daya manusia. Kecerdasan emosional menyumbangkan 60 % dari faktor keberhasilan seseorang. Ciri utama kecerdasan emosional pada setiap orang adalah manakala orang tersebut berhasil mengaktualisasikan potensi emosionalnya dalam kehidupan sehari-hari. Potensi emosional tersebut sebenarnya telah dibekalkan pada setiap individu mengiringi fitrah kelahirannya. Namun demikian, potensi tersebut akan menjadi tumbuh berkembang atau pudar dan layu sesuai dengan usaha orang tersebut dalam merawat dan meningkatkannya. Potensi-potensi emosional tersebut meliputi: kemampuan berempati; kemampuan mengungkapkan dan memahami perasaan; kemampuan mengendalikan amarah; kemandirian; kemampuan menyesuaikan diri; berusaha untuk disukai; kemampuan memecahkan masalah antar pribadi; ketekunan; kesetiakawanan; dan keramahan. Penelitian ini mencoba menelaah strategi peningkatan kecerdasan emosional tersebut dalam tatanan pengelolaan sumber daya manusia di Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN). Dengan pendekatan studi pustaka terhadap leterasi ilmu psikologi dan membandingkan dengan kajian yuridis terhadap regulasi tentang pengelolaan PTKIN, penelitian ini menghasilkan temuan cara meningkatkan kecerdasan emosional bagi pengelola PTKIN. Pada dasarnya setiap orang, termasuk dosen dan pimpinan PTKIN, dapat meningkatkan kecerdasan nilai emosionalnya, apabila ia mampu: pertama mengenali emosi dirinya sendiri, sekaligus juga harus mengenali emosi orang lain; kedua mengelola emosi dirinya dan sekaligus mampu mengelola emosi orang lain, dan ; ketiga ia mampu memotivasi dirinya sendiri sekaligus memotivasi orang lain. Ketiga strategi tersebut diaplikasikan dalam seluruh tahapan manajemen sumberr daya manusia di PTKIN, yang meliputi: kegiatan menganalisa kebutuhan dosen; penyusunan formasi kebutuhan dosen baru; pelaksanaan rekrutmen dosen baru; pelaksanaan induksi dosen baru; penempatan dosen; pemberian wewenang dan tanggung jawab pada dosen; pelaksanaan supervisi terhada kinerja dosen; pembinaan kesejahteraan dosen; pembinaan karir dosen; pemutusan hubungan kerja; dan pemberian pesangon bagi dosen yang purna tugas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:39
Last Modified: 04 Apr 2023 02:39
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item