Laporan Penelitian Kolektif Lembaga keagamaan Islam Madura/Penelitaian Lapangan REVITALISASI KELEMBAGAAN MADRASAH DINIYAH DI PAMEKASAN (Studi Di MD. Miftahul Ulum Sumberjati Kadur Dan Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Larangan Pamekasan)

Thoha, Mohammad and Taufikurrahman, R. (2021) Laporan Penelitian Kolektif Lembaga keagamaan Islam Madura/Penelitaian Lapangan REVITALISASI KELEMBAGAAN MADRASAH DINIYAH DI PAMEKASAN (Studi Di MD. Miftahul Ulum Sumberjati Kadur Dan Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Larangan Pamekasan). Project Report. IAIN Madura Press, Pamekasan.

[img]
Preview
Text
9. Laporan Hasil Penelitian 2021 lengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Madrasah Diniyah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Bagi masyarakat Madura, eksistensinya menggmbarkan denyut nadi keberagamaan masyarakat. Seiring bergesernya pola pikir mayasrakat, madrasah diniyah terancam keberlangsungannya dan dianggap sebagai pendidikan “kelas dua” dan diperuntukan bagi kelas sosial menengah ke bawah. Penelitian ini menggambarkan upaya dua lembaga madrasah diniyah dalam mempertahankan eksistensi kelembagaanya di tengah gempuran pendidikan modern yang menjanjikan keterampilan pemenuhan kehidupan (life skill) secara instan. Penelitian ini bertujuan mengungkap upaya kedua lembaga pendidikan diniyah tersebut dalam melakukan revitalisasi kelembagaannya, mendalami respon stakeholders terhadap upaya tersebut, serta mengungkap tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan revitalisasi tersebut. Pedekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitataif. Sumber data yang digunakan ada dua kelompok, yaitu pertama adalah sumber data manusia yakni: pimpinan yayasan; ustad; dan murid. Yang kedua berupa sumber data non manusia yaitu prose pembelajaran, pelaksanaan kordinasi, dokumen terkat kegiatan kedua lembaga tersebut. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan dokumen terkait. Hasil peneitian menunjukkan: pertama: Bentuk upaya revitalisasi yang dilakukan adalah: Mempertahankan kurikulum salaf, mutu dan capaian pembelajaran; Memberikan reward bagi murid berprestasi; melakukan Kordinasi rutin antar guru; melibatkan masyarakat dalam perencanaan kegiatan; menguatkan spritualitas dengan Istighosah bersama; menanamkan motivasi jihad fi sabilillah dalam bidang pendidikan bagi seluruh pengelola; melakukan pendekatan dan sosialisasi ke masyarakat secara berkala; Merawat kepercayaan masyarak melalui pelibatan dalam musyawarah; memberikan apresiasi melalui imtihan besar-besaran dan karnaval; memberikan panggung khusu bagi siswa beprestasi/penampilan; kedua, respon stakelhorders: Para Ustad mendukung penuh kebijakan pimpinan untuk tetap mempertahankan mutu dan menjaga kepercayaan masyarakat; murid senang kegiatan-kegiatan musabaqoh kitab; masyarakat ikut mendukung dan minta dilibatkan dalam perencanaan kegiatan madrasah, serta siap memberikan bantuan bagi madrasah. Sedangkan yang ketiga, tantangan yang dihadapi berupa: Row input dengan kemampuan keagamaan yang variatif; semangat dan minat siswa sebagian lemah; lemahnya control pengurus pondok; jam belajar di siang hari; kompetensi paedagogik ustad lemah; peralihan kepemimpinan; kurangnya dukungan pendanaan dari pemerintah; sulitnya menumbuhkan dan merawat kepedulian dan kepervcayaan masyarakat. Sedangkan solusi yang dilakukan berupa: melakukan kordinasi dengan pondok tentang tambahan kegiatan jam belajar; melakukan arisan bulanan, simpanan hari raya; mempererat soliditas tim; memotivasi ustad untuk jangan capek ikut kursus dan terus belajar; memperkuat silaturahim antar warga madrasah dengan masyarakat; Kata Kunci: revitalisasi, mutu, siswa, madrasah, guru

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:50
Last Modified: 04 Apr 2023 02:50
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item