Wahyuningrum, Sri Rizqi and Fitriyah, Fitriyah (2023) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Belajar Siswa di SMPN 4 Pamekasan. Da'wa : Jurnal Bimbingan Penyuluhan & konseling Islam, 2 (2). pp. 49-60. ISSN 2808-3431
Text
document-1.pdf Download (867kB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh penggunaan gadget sangatlah berdampak buruk bagi anak usia sekolah, terutama pada pola belajarnya. Dengan adanya gadget terutama seorang pelajar pola belajarnya menjadi menurun, yang awalnya fokus pada belajar malah dihabiskan waktunya untuk bermain gadget. Ada tidaknya pengaruh penggunan gadget terhadap pola belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan dan seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap pola belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan menjadi poin penting untuk dibahas. Pertimbangan-pertimbangan dalam pola belajar yaitu: Tujuan pengajaran, karakteristik bahan yang akan diajarkan, alokasi waktu yang tersedia, karakteristik siswa, dan kemampuan guru itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu 102 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel proposional. Dan teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan statistik deskriptif dengan analisis data menggunakan uji korelasi product moment, uji-t dan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget (X) berpengaruh secara signifkan terhadap pola belajar siswa (Y). Hal ini terlihat dari nilai
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 04:38 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 04:38 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/794 |
Actions (login required)
View Item |