MANAJEMEN PERENCANAAN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH (Teori dan Aplikasinya di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Mubtadiin)

Hadi, M.Pd., Dr. H. Saiful (2023) MANAJEMEN PERENCANAAN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH (Teori dan Aplikasinya di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Mubtadiin). IAIN Madura Press, Pamekasan. ISBN : 978-623-5614-12-0

[img] Text
Saiful Hadi_Manajemen Perencanaan Mutu Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen Perencanaan Mutu Cek Plagiasi Final.pdf

Download (24MB)
[img] Image
WhatsApp Image 2023-04-16 at 03.46.59.jpeg

Download (82kB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah merupakan instusi pendidikan Islam formal yang dikelola di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia yang memiliki mandat menyelenggarakan pendidikan dasar kepada anak didik berbasis pada ajaran agama Islam yang ditentukan dalam ayat-ayat Al Qur‟an dan Sunah Rasulullah SAW. pada kandungan isi hadits masyhur yang telah diriwayatkan oleh para sahabat dan pengikut-pengikutnya. Tujuan pendidikan yang diharapkan oleh berdirinya madrasahmadrasah di nusantara adalah memberikan pengetahuan keagamaan baik aspek akidah, syari‟ah dan akhlak, mengamalkan ajaran agama dasar dalam kehidupan sehari-hari untuk melatih dan meningkatkan pemahaman keagamaan, di samping itu juga mempersiapkan anak didik agar memiliki dasar-dasar pengetahuan umum agar dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya. Madrasah Ibtidaiyah adalah institusi pendidikan dasar yang sangat diperlukan oleh masyarakat, khususnya umat Islam yang ada di Pamekasan dan secara umum di Madura, sebab secara geo-sosial kehidupan masyarakat Madura jumlah penduduk mayoritas adalah beragama Islam, maka untuk memenuhi akses pendidikan harus tersedia seluas-luasnya institusi pendidikan Islam yang representatif. Madrasah ibtidaiyah yang representatif adalah institusi yang memiliki pengakuan atas terselenggaranya layanan pendidikan yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 32/Tahun 2013 atas perubahan Undang-Undang 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 (delapan) unsur pokok antara lain; a) standar kompetensi lulusan, b) standar isi, c) standar proses, d) standar pendidik, e) standar sarana dan prasarana, f) standar pembiayaan, g) standar pengelolaan dan, h) standar penilaian1

Item Type: Book
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 15 Apr 2023 22:51
Last Modified: 15 Apr 2023 22:51
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item