Afifullah, Afifullah (2022) MEJAMURNYA RUMAH TAHFIDZ ANTARA HARAPAN DAN TANTANG (STUDI KASUS DI SUMENEP)”. Project Report. IAIN Madura Press, Pamekasan.
Text
laporan Penelitian Rumah Tahfidz.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
Abstract
Seiring perkembangan zaman, tradisi umat Islam untuk menjaga kelestarian dan keotentikan al-Qur’an supaya tetap terpelihara sampai saat ini, salah satunya dengan adanya pembelajaran al-Qur’an yang sudah terbentuk. Secara historis, pembelajaran al-Qur’an telah tumbuh dan berkembang di Indonesia. Hal tersebut beriringan dengan agama Islam yang tersebar. Oleh sebab itu, jika terdapat umat Islam pada suatu wilayah tertentu, maka ia akan segera mendirikan masjid atau musholla secara otomatis. Masjid atau musholla tersebut digunakan oleh umat Islam untuk tempat ibadah dan sentral pengajian. Dengan seiring waktu, Gerakan Penghafal Al-Qur’an (Tahfidz al-Qur’an) banyak bermunculan. Gerakan ini muncul setelah Musabaqah Tilawah al-Qu’an (MTQ) pada tahun 1981. Perkembangan gerakan tersebut tidak lepas dari peran ulama penghafal al-Qur’an. Mereka mengusahakan untuk menyebarkan dan menggalakkan pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di lembaga-lembaga seperti pesantren dan sejenisnya.1 Kajian terhadap Tahfidz al-Qur’an merupakan hal yang signifikan di masa sekarang. Hal tersebut perlu dikembangkan oleh lembaga pendidikan al-Qur’an.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AI Indexes (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 07:00 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 08:05 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/834 |
Actions (login required)
View Item |