Dinamika Pendidikan Islam Perspektif Historis

Dr. Siswanto, M.Pd.I, Siswanto (2013) Dinamika Pendidikan Islam Perspektif Historis. Pena Salsabila, Surabaya. ISBN 978-602-1262-98-8

[img]
Preview
Text (Dinamika Pendidikan Perspektif Historis)
Buku Dinamika Pendidikan Perspektif Historis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img] Other (Plain Text Bibliography)
bibliography.txt - Bibliography

Download (1kB)

Abstract

Pendidikan Islam mempunyai sejarah yang panjang, karena ia sesungguhnya telah tumbuh dan berkembang sejalan dengan adanya dakwah Islam yang telah dilakukan Nabi saw. Berkaitan dengan itu pula pendidikan Islam memiliki corak dan karakteristik yang berbeda sesuai dengan upaya pembaruan yang dilakukan, sehingga pendidikan Islam terus mengalami perubahan, baik segi kurikulum (mata pelajaran) maupun dari segi lembaga pendidikan Islam yang dimaksud. Untuk itulah diperlukan suatu upaya penelusuran sejarah pendidikan Islam dalam rangka menstimulus penciptaan kondisi, situasi pendidikan Islam sekarang ini yang semakin tidak jelas orientasi dan tujuannya. Upaya penelusuran ini dapat dilakukan melalui analisa mendalam persoalan pendidikan Islam dari sisi sosial kemasyarakatan, persoalan politik yang berkembang, dan kebudayaan yang ikut mewarnai pendidikan saat itu. Dengan menggunakan pendekatan periodisasi sejarah Islam, buku berupaya mendeskripsikan dinamika pendidikan Islam sejak masa Rasulullah hingga masa modern. Pendekatan ini digunakan dimaksudkan hanyalah sebagai usaha untuk memudahkan urutan pembahasan saja, karena pada hakikatnya suatu peristiwa sejarah (juga dalam sejarah pendidikan Islam) selalu berkaitan dengan peristiwa-peristiwa lainnya, baik yang sebelum, yang semasa maupun yang sesudahnya. Melalui kajian inilah umat Islam diharapkan mampu mengambil sisi positif sekaligus menganalisis dari kemajuan yang pernah terjadi pada masa lalu, sembari membandingkan kondisi sosial politik yang pernah terjadi saat itu, sehingga analisis terhadap sisi historis kemajuan umat Islam tidak harus lagi menjadi angan-angan yang manis (sweet memory) – apalagi hanya dihafal – , tetapi diharpkan menjadi i’tibar, contoh, ataupun motivasi perbaikan terhadap pendidikan Islam yang lebih baik.

Item Type: Book
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
D History General and Old World > D History (General) > D880 Developing Countries
L Education > LA History of education
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: Dr. Siswanto M.Pd.I
Date Deposited: 27 Apr 2017 08:00
Last Modified: 27 Apr 2017 09:10
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item