Mukhid, M. Pd, Dr. Abd. (2023) DISAIN TEKNOLOGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN DALAM BUDAYA ORGANISASI DI LEMBAGA PENDIDIKAN. 147 hlm . Pustaka Egaliter.Com, Yogyakarta. ISBN 978-623-185-111-6
|
Text
DESAIN TEKNOLOGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Teknologi pembelajaran saat ini bukan hanya suatu teori dalam mengajar akan tetapi teknologi pembelajaran saat ini banyak menggunakan perangkat lunak (sofware technology) dengan metode yang tersistem dalam memecahkan problemproblem dalam pembelajaran yang semakin canggih. Aplikasi praktis teknologi pembelajaran dalam memecahkan problem-problem dalam dunia belajar berbentuk kongkret melalui sumber belajar yang juga memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk meningkatkan semangat dalam belajar.1 Teknologi pembelajaran adalah penggunaan teknologi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak komputer, perangkat mobile, internet, dan aplikasi digital lainnya, untuk memfasilitasi dan meningkatkan proses pembelajaran dan pengajaran. Tujuannya adalah untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif, efisien, menarik, dan personal. Dalam konteks teknologi pembelajaran, ada berbagai alat dan platform yang dapat digunakan, termasuk sistem manajemen pembelajaran online, video pembelajaran, permainan pendidikan, simulasi, forum diskusi online, dan banyak lagi. Teknologi ini dapat digunakan baik di dalam maupun di luar kelas, memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran, berinteraksi dengan guru dan sesama siswa, serta terlibat dalam aktivitas pembelajaran yang bervariasi.2 Diantara keunggulan teknologi pembelajaran meliputi: Aksesibilitas sebab teknologi pembelajaran memungkinkan akses ke materi pembelajaran dari mana saja dan kapan saja, mengatasi hambatan geografis dan waktu. Ini memungkinkan pembelajaran jarak jauh, pendidikan inklusif, dan pembelajaran seumur hidup. Personalisasi, teknologi pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi belajar individu. Siswa dapat mengakses materi yang sesuai dengan tingkat pemahaman mereka, belajar dengan kecepatan mereka sendiri, dan mendapatkan umpan balik yang langsung. Interaktivitas, teknologi pembelajaran memungkinkan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan terlibat
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 23:01 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:42 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/904 |
Actions (login required)
View Item |