Solichin, Muhammad Muchlis and Alim, Wahab Syakhirul (2023) INTEGRASI AJARAN ISLAM DENGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. Duta Media Publishing, Pamekasan. ISBN 978-623-8294-09-1
Text
Integrasi Ajaran Islam dengan Ilmu Pengetahuan (Muchlis Sholichin) B5.pdf Download (946kB) |
Abstract
Key word: integrasi, Islam, ilmu pengetahuan alam, pembelajaran Institut Agama Islam Negeri Madura melaksanakan integarasi Islam dengan ilmu pengetahuan dengan visi dan misinya, yaitu menyelenggarakan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendirian prodi IPA adalah suatu upaya untuk mengintegasikan Islam dengan ilmu pengatahuan alam. Kajian ini ingin memahami pandangan masyarakat Madura tentang urgensi pembukaan Prodi MIPA di IAIN Madura. Alhasil, kajian yang dilakukan beberapa poin sebagai berikut: 1) Struktur kurikulum integrasi Islam dengan ilmu pengetahuan alam terdiri atas 1) mata kuliah yang berkaitan dengan instutusi 2) mata kuliah yang berhubungan dengan keilmuan dan keahlian, 3) mata kuliah keahlian yang berhubungan dengan ilmu kependididikan dan kependidikan Islam 4) mata kuliah yang berkaitan dengan keahlian prodi yaitu Fisika, Kimia, Biologi. 5 mata kuliah yang berkaitan dengan sikap dan etika kehidupan di masyarakat seperti Kewirausahaan. 6) mata kuliah yang terdiri atas matakuliah yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keilmuan atas dasar keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi bersangkutan seperti aplikasi computer. 2) Strategi tersebut, adalah sebagai berikut: “Pada tahap pendahuluan di dalamnya terdiri dari tiga kegiatan”: pertama, menjelaskan secara singkat tentang isi pembelajaran; kedua, menjelaskan relevansi isi pembelajaran baru dengan materi yang lalu, pengalaman siswa dan kegunaan potensial secara teoritik dan praktik; ketiga, menjelaskan mengenai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pada tahap penyajian atau kegiatan inti, terdiri dari langkah kegiatan yaitu: pertama, menguraikan/menyampaikan materi pelajaran (eksplorasi); kedua, memberikan contoh untuk memperjelas uraian (elaborasi); ketiga, mengadakan latihan penutupan terdiri dari dua tahap kegiatan, yaitu: membuat rangkuman materi, mengadakan tes dan umpan balik, dan memberikan tindak lanjut. Langkah-langkah proses pembelajaran yang dilakukan sudah menggambarkan adanya integrasi materi keagamaan dalam proses pembelajaran. Integrasi yang dilakukan bersifat insidental dan natural, Penilaian yang dilakukan untuk materi keagamaan yang terintegrasi dengan mata pelajaran rumpun IPA dilakukan secara utuh. 3)Persepsi masyarakat tentang keberadaan Prodi IPA di IAIN Madura.Masyarakat sangat mengharapkan kehadiran prodi tadris IPA di IAIN Madura, IAIN adalah Lembaga Pendidikan agama Islam yang sejak dahulu dikenal di masyarakat sebagai yang mencetak sarjana.Dosen harus memasukkan nilai-nilai Islam dalam materi IPA di Prodi Tadris IPA IAIN Madura. Mahaiswa prodi IPA wajib menerapkan nilai-nilai Islam melalui sikap dan tingkah laku dalam beraktivitas. Dosen wajib memasukkan nilainilai islami dalam penyampaian materi kuliah. Dosen mampu memberikan bimbingan islami terhadap permasalahan mahasiwa dalam proses belajar dan pembelajaran pada lingkungan tadris IPA IAIN Madura
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 02:20 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 02:20 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1010 |
Actions (login required)
View Item |