Susanti, Aria Indah (2024) Dampak Positif dan Negatif Digitalisasi Pendidikan. In: Digitalisasi Pendidikan: Upaya Mengembangkan Inovasi Pembelajaran di Tengah Fenomena Artificial Intelligence. CV. Global Aksara Pers, Surabaya, pp. 100-107. ISBN : 978-623-462-596-7
Text
BUKU - Unesco Digitalisasi Pendidikan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Buku ini hadir sebagai sumber bacaan masyarakat secara luas mengenai transformasi pendidikan Indonesia ke arah digital. Pembelajaran saat ini sudah tidak asing lagi menggunakan media berbasis teknologi (e-learning), pembelajaran jarak jauh (by online; zoom meeting), atau model hybrid blended learning yang memang tujuannya untuk membangun sistem pembelajaran yang fleksibel, dinamis, dan menyenangkan. Hal tersebut ditambah dengan fenomena kecerdasan buatan (AI) yang akhir-akhir ini menjadi sesuatu yag terus didiskusikan baik di lingkungan akademik, industri maupun pemerintahan. Digitalisasi pendidikan sebagai trobosan untuk mengembangkan inovasi pembelajaran sehingga anak didik atau mahasiswa bisa belajar sesuai kebutuhan dan tantangan zaman yang ada, tentu tidak hanya media atau fasilitas pembelajaran yang diutamakan, juga kompetensi, skill, dan prestasi mereka. Oleh sebab itu, digitalisasi pendidikan harus diikat dengan paradigma pendidikan yang berhaluan konstruktivistik yang mengarahkan mahasiswa; peserta didik untuk bisa menjawab tantangan VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity) yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, inovatif, kolaboratif dan problem solving. Dari sinilah digitalisasi pendidikan dengan paradigma konstruktivistik diharapkan mampu melahirkan lulusan yang memiliki kemampuan tersebut.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 03:23 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 03:35 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1096 |
Actions (login required)
View Item |