Miskatusoinah, Ika (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Asmaul Husna melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas IV SDN Malingping. Other thesis, IAIN Madura.
Text
10. PTK IKA, Heni Listiana.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan. Salah satu komponen pembelajaran yang penting adalah penggunaan metode yang tepat. Karena metode yang tepat akan memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada siswa terutama metode yang berbasis kooperatif. Hubungan makna diatas dengan pendidikan adalah segalah situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang belangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Dalam arti sempit pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan umumnya di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan latar belakang karena persentase ketuntasan hanya 39% peserta didik yang nilainya yang belum mencapai KKTP, dengan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran PAI materi Asmaul husna di kelas IV SDN Malingping? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan Langkah- langkah Membuat/Menyusun Modul Ajar, Menyiapkan ppt yang berisi tentang Teladan Asmaul Husna, membuat lembar kerja peserta didik berupa Memasangkan kartu, membuat lembar pengamatan. Obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Malingping Kab. Tasikmalaya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi untuk penilaian sikap peserta didik dan tes formatif untuk penilaian pengetahuan, Dalam penelitian ini berbagai alat dan sumber yang digunakan seperti link youtube, buku paket, Al-Qur’an dll. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pendidikan agama islam materi Teladan Asmaul Husna dengan menggunakan penerapan metode kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan mencapai KKTP. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari setiap siklus, pada siklus I nilai rata-rata peserta didik yaitu 79 denga n persentase 61% (sebanyak 14 peserta didik). Dalam proses pembelajaran peneliti menggunakan metode pembelajaran demontrasi dengan melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses pembelajaran, terbukti dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw telah meningkatkan prestasi peserta didik di SDN Malingping. Sebagai hasilnya peserta didik mampu menerima materi yang disampaikan dan mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Hal ini adanya perubahan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi Teladan Asmaul Husna.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 07:33 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 07:33 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1138 |
Actions (login required)
View Item |