Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Sholat Berjemaah Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas VII SMP Islam Nurud Dhalam Bringin Dasuk Sumenep Tahun Pelajaran 2023/2024

Fauzan, Fauzan (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Sholat Berjemaah Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas VII SMP Islam Nurud Dhalam Bringin Dasuk Sumenep Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN Madura.

[img] Text
15. ptk fauzan - Nurul Hadi, M.Pd.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran demonstrasi muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit, jika mereka saling berdiskusi dengan temannya. Siswa secara rutin bekerja dalam kelompok untuk saling membantu memecahkan masalah-masalah yang kompleks. Tujuan pembelajaran demonstrasi adalah memaksimalkan belajar siswa untuk peningkatan prestasi akademik dan pemahaman baik secara individu maupun secara kelompok. Karena siswa bekerja dalam satu tim, maka dengan sendirinya dapat memperbaiki hubungan diantara para siswa dari berbagai latar belakang etnis dan kemampuan, mengembangkan keterampilan-keterampilan proses kelompok dan pemecahan masalah. Manfaat penerapan pembelajaran demonstrasi adalah dapat mengembangkan solidaritas sosial dikalangan siswa. Dengan belajar Demonstrasi, diharapkan kelak akan muncul generasi baru yang memiliki prestasi akademik yang cemerlang dan memiliki solidaritas sosial yang kuat. Salah satu pelajaran yang diajarkan pada siswa tingkat Sekolah Menengah Kejuruan adalah Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan di SMPI Nurud Dhalam Bringin Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep, menunjukkan bahwa siswa-siswi yang belajar mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) belum sepenuhnya mendapatkan hasil belajarnya yang memuaskan. Dikarenakan metode pembelajaran yang monoton dan kurang menarik keaktifan siswa dalam belajar. Sehingga diperlukan metode yang menarik dalam proses belajarmengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga siswa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:01
Last Modified: 05 Aug 2024 08:01
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item