Peningkatan motivasi belajar materi asmaul husna melalui strategi activity based learning di MTs. Hidayatut thalibin

Turiyah, S.Pd.I (2024) Peningkatan motivasi belajar materi asmaul husna melalui strategi activity based learning di MTs. Hidayatut thalibin. Other thesis, IAIN Madura.

[img] Text
23. ptk_turiyah - Mohammad Kosim.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fakta dilapangan menunjukkan bahwa banyak peserta didik kelas VII MTs. Hidayatut Thalibin bersikap pasif ketika berlangsung pembelajaran dikelas. Selama pembelajaran berlangsung peserta didik menjadi pendengar yang baik. Ketika guru menjelaskan materi pelajaran kebanyakan mereka diam. Demikianpun ketika guru memberikan pertanyaan, sebagian besar peserta didik diam tanpa komentar. Apalagi ketika guru meminta agar peserta didik bertanya, merekapun diam. Fakta ini dilatar belakangi karena peserta didik kurang diberikan strategi pembelajaran yang memadai. Oleh sebab itu dalam proses pembelajaran di sekolah dibutuhkan kreativitas dan keaktifan seorang pengajar dalam membuat strategi belajar mengajar semenarik mungkin sehingga menimbulkan motivasi belajar peserta didik khususnya materi aqidah akhlak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam istilah bahasa Inggris disebut Classroom Action Research (CAR). Sedangkan teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan Wawancara. Sementara analisis data yang penulis gunakan menggunakan rumus mean/rata atau rumus prosentase. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar materi Asmaul Husna melalui strategi Activity Based Learning, yaitu dilakukan dalam dua siklus. Hasil penerapan pembelajaran berbasis aktivitas pada Materi Asmaul Husna dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dapat dilihat bahwa antara siklus I dan siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik sebesar 25,9% dengan penurunan aktifitas peserta didik yang tidak relevan dengan pembelajaran sebesar 20,99% serta optimalisasi aktifitas guru yang terus meningkat dari siklus I ke siklus II

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:18
Last Modified: 05 Aug 2024 08:18
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item