Habibi, Muhammad (2024) Peningkatan Hasil Belajar Materi Asmaul Husna melalui Metode Demonstrasi di MTs. Darun Najah. Other thesis, IAIN Madura.
Text
29. Ptk_habibi - Fathol Haliq.pdf Download (1MB) |
Abstract
Titik sentral yang harus dicapai oleh setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. Apa pun yang termasuk perangkat program pengajaran dituntut secara mutlak untuk menunjang tercapainya tujuan. Guru tidak dibenarkan mengajar dengan kemalasan. Anak didik pun diwajibkan mempunyai kreativitas yang tinggi dalam belajar, bukan selalu menanti perintah guru. Kedua unsur manusiawi ini juga beraktivitas tidak lain karena ingin mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimana penerapan metode Demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi pokok Asmaul Husna ? (b) Apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi Asmaul husna ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Untuk mengetahui penerapan metode Demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi pokok Asmaul Husna. (b) Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi Asmaul husna. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII MTs. Darun Najah Kapedi Sumenep. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil akhir dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa kelas VII MTs. Darun Najah, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Akidah Akhlak. Sedangkan hasil yang didapatkan dari penerapan metode demonstrasi bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus I, yaitu pra siklus (50%), siklus I (65%). Dan pada siklus II 100 % siswa mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 08:34 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:34 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1161 |
Actions (login required)
View Item |