PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE MAKE A MATCH

Setiawati, Nur Eka (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE MAKE A MATCH. Project Report. IAIN MADURA, PAMEKASAN.

[img] Text
Nur Eka Setiawati & Sri Nurhayati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa rendah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi sifat wajib, mustahil dan Jaiz bagi Allah di kelas X MA. Ahlussunnah Waljamaah Ambunten.. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran Aqidah Akhlak kegiatan pembelajaran masih berpusat kepada guru, kurang tepatnya guru dalam memilih metode pembelajaran dan pengelolaan kelas, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. untuk mengatasai masalah tersebut, peneliti menerapkan metode Make a Match, dengan metode ini diharapkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi sifat wajib, mustahil dan Jaiz bagi Allah dapat meningkat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat ditentukan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana impelementasi metode Make a Match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat Wajib, Mustahil dan jaiz bagi Allah di kelas X MA. Ahlussunnah Waljamaah Ambunten? 2) Apakah metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat wajib, mustahil dan Jaiz bagi Allah di kelas X MA. Ahlussunnah Waljamaah Ambunten ? Adapun penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui impelementasi metode Make a Match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz bagi Allah di kelas X MA. Ahlussunnah Waljamaah Ambunten. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Make a Match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi sifat wajib, mustahil dan Jaiz bagi Allah di kelas X MA. Ahlussunnah Waljamaah Ambunten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MA. Ahlussunnah Waljamaah Ambunten yang berjumlah 24 orang siswi. Untuk mengumpulkan data, instrument pengumpulan data yang digunakan berupa: lembar soal tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pra siklus, siklus I dan siklus II, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Data-data tersebut diambil dari hasil ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebesar 29,1%, dengan nilai ratarata 61,66, siklus I (54,2 %), dengan nilai rata-rata 72,09 dan siklus II (87,5 %), dengan nilai rata-rata 85,2, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat wajib dan mustahil bagi Allah

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:30
Last Modified: 08 Aug 2024 02:30
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item