Sa'idah, Ishlakhatus and Annajih, Moh. Ziyadul Haq (2024) KONSEP DASAR BIMBINGAN & KONSELING. Alifba Media, Pamekasan. ISBN 978-623-09-8584-3
Text
Konsep Dasar Bimbingan & Konseling.pdf Download (2MB) |
Abstract
Buku ini diberi judul Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling. Buku ini berisi panduan praktis yang dapat memudahkan pembaca untuk memahami konsep-konsep mendasar dalam Bimbingan dan Konseling. Bimbingan dan konseling adalah proses bantuan atau pertolongan yang sistematis dari pembimbing atau konselor kepada individu melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbale balik antara keduanya agar individu memiliki kemampuan untuk melihat dan menemukan masalahnya serta mampu memecahkan masalahnya sendiri. Jenis bantuan atau pertolongan ini juga dapat disebut sebagai bimbingan dan konseling. Upaya optimalisasi pelayanan bimbingan dan konseling harus dilakukan sehingga pelayanan bimbingan dan konseling benar-benar memberikan kontribusi pada penetapan visi, misi, dan tujuan sekolah atau madrasah yang bersangkutan. Kegiatan ini harus didukung oleh manajemen pelayanan yang baik sehingga kualitas pelayanan bimbingan dan konseling dapat ditingkatkan. Guru BK berhubungan erat dengan proses konseling dan bimbingan bagi siswa yang sedang dalam tahap perkembangan menuju perkembangan yang optimal. Bimbingan berarti membantu siswa menggunakan pengalaman sekolah sebaik mungkin. Namun, konseling adalah pertemuan empat mata antara konselor dan klien yang mencakup upaya yang adil, unik, dan humanis untuk menyelesaikan masalah
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 01:20 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 01:20 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1231 |
Actions (login required)
View Item |