Wahyuni, Amalia Desy and Kusharyati, Indah and Nurhadi, Ali (2025) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN OPTIMALISASI KINERJA GURU DI ERA DIGITAL. Penerbit KBM Indonesia, Jogjakarta. ISBN 978-634-202-138-5
|
Text
EBOOK-SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN OPTIMALISASI KINERJA GURU DI ERA DIGITAL- BOOK (1).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perubahan era yang kita alami saat ini adalah revolusi epistemik yang mengubah paradigma pembelajaran tradisional menjadi lebih berbasis tekhnologi. Dalam konteks ini, kepala sekolah tidak lagi hanya berperan sebagai administrator, tetapi juga sebagai pemimpin transformasional yang mampu mendesain strategi supervisi berbasis data dan tekhnologi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan. Demikian pula, guru sebagai aktor kunci pendidikan perlu diberdayakan melalui pendekatan supervisi yang komprehensif, sehingga mampu memanfaatkan tekhnologi untuk menciptakan pembelajaran yang adaptif dan transformatif. Buku ini hadir sebagai kontribusi ilmiah untuk menjembatani kesenjangan antara teori supervisi pendidikan dan implementasinya dalam praktik profesional, khususnya di era digital. Dengan merujuk pada berbagai kajian teoritis mutakhir dan temuan empiris, buku ini mengeksplorasi konsep supervisi kepala sekolah yang berbasis pada prinsip kepemimpinan kolaboratif dan inovatif, sekaligus memberikan perspektif baru tentang optimalisasi kinerja guru dalam menghadapi kompleksitas lingkungan digital.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Khazanah |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 01:08 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 01:08 |
URI: | http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1256 |
Actions (login required)
View Item |