RUANG LINGKUP SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DAN MADRASAH

Holili, M and Rosid, fathor and Junaidah, Junaidah and Nurhadi, Ali (2024) RUANG LINGKUP SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DAN MADRASAH. Penerbit Karya Bakti Makmur (KBM) Indonesia, Jogjakarta. ISBN 978-623-499-888-7

[img]
Preview
Text
4. RUANG LINGKUP SUPERVISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam era pendidikan yang semakin berkembang pesat, peran supervisi pendidikan menjadi sangat krusial. Supervisi pendidikan tidak hanya sekadar bentuk pengawasan, tetapi juga merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pendidikan. Buku ini hadir untuk menjelaskan secara komprehensif ruang lingkup supervisi yang mencakup berbagai aspek penting yang harus diperhatikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Melalui buku ini, kami berusaha untuk memberikan wawasan mendalam mengenai ruang lingkup supervisi pendidikan di lingkungan sekolah dan madrasah, yang dibagi menjadi dua kategori utama yakni supervisi akademik dan supervisi manajerial. Dalam buku ini membahas pentingnya supervisi pagi pendidikan dan ruang lingkup supervisi akademik dan manajerial di sekolah. Supervisi akademik di sekolah mencakup pengawasan terhadap kurikulum, yang meliputi evaluasi dan pengembangan kurikulum untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan efektif dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Sementara itu, supervisi manajerial di sekolah mencakup berbagai aspek penting seperti supervisi kepegawaian, kesiswaan, ketatausahaan, sarana dan prasarana, humas, serta keuangan.

Item Type: Book
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 22 Jan 2025 06:23
Last Modified: 22 Jan 2025 06:23
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item