PEMETAAN POTENSI SOSIAL-KEAGAMAAN MADURA Menuju Distingsi Riset dan Pengabdian Masyarakat di IAIN Madura

Abadi,dkk, Moh. Mashur (2022) PEMETAAN POTENSI SOSIAL-KEAGAMAAN MADURA Menuju Distingsi Riset dan Pengabdian Masyarakat di IAIN Madura. IAIN Madura Press, Pamekasan. ISBN 978-623-5614-06-9

[img]
Preview
Text
Final PEMETAAN POTENSI SOSIAL-KEAGAMAAN MADURA tabel warna.pdf

Download (927kB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi di Indonesia memang memiliki kekhasan yang disebut sebagai tridarma perguruan tinggi. Kekhasan ini tentu harus disambut dengan gegap gempita sebagaimana yang tercantum dan terkait dalam konteks Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang sekarang sedang diupayakan realisasinya oleh semua perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama (Kemenag). Di dalam rumusan ini, dikenal konsep konvergensi tridarma perguruan tinggi melalui sistematisasi vi pengajaran/pendidikan dengan riset dan pengabdian masyarakat. Sebuah materi awalnya diajarkan, diteliti lalu diabdikan untuk masyarakat atau diteliti lebih dahulu, diabdikan dan diajarkan, dan demikian seterusnya. Tentu saja, hal ini harus disesuaikan dengan MBKM yang juga memiliki visi untuk memberikan pendidikan yang tidak hanya mengajarkan hard skilled, tetapi juga soft skilled berupa pengalaman kepada mahasiswa agar mereka siap hidup di masyarakat. Mahasiswa dibekali keterampilan tidak hanya untuk bekerja, tetapi juga untuk hidup di tengah masyarakat mengingat bekerja adalah tujuan instrumental, sementara bekerja dan hidup di masyarakat adalah final goal yang demikian penting. Secara kelembagaan, UIN dan IAIN memiliki tugas mengembangkan integrasi ilmu dengan mendialogkan atau mengintegrasikan bidang ilmu sesuai dengan rumpun ilmu pengetahuan (ilmu agama, ilmu humaniora, ilmu sosial, sains dan teknologi, ilmu formal dan ilmu terapan). Tujuannya adalah agar di masa depan, pengembangan ilmu pengetahuan berbasis pendekatan atau approach dapat semakin kuat. Seirama dengan visi ini, PTKIN berkewajiban melakukan kajian-kajian dalam corak integrasi baik yang sifatnya interdisipliner, cross-disipliner, multidisipliner atau transdisipliner. Di dalam kerangka untuk membangun distingsi dan ekselensi tersebutlah, para dosen wajib melakukan riset yang relevan.

Item Type: Book
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Depositing User: Administrator Khazanah
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:04
Last Modified: 16 Jun 2023 07:04
URI: http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item